visi dan misi

Tentang

Banda Aceh Smart City

Visi Banda Aceh Smart City

Visi pengembangan Smart City :

“ Menjadi Kota Pintar Islami yang Inovatif dan Kompetitif ”

Visi Smart City Kota Banda Aceh dapat dijabarkan dalam 3 (tiga) kata penting yaitu “Kota Pintar Islami”, “Inovatif” dan “Kompetitif” yang maknanya dapat dijabarkan arti dari kata - kata tersebut.

Dapat diwujudkan dengan cara mendasarkan seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan kehidupan sosial kemasyarakatan yang dilakukan secara bersih, transparan, akuntabel, dan demokratis sesuai syariah Islam yang sesuai dengan identitas lokal Kota Banda Aceh.

Membangun masyarakat yang tak kenal lelah belajar berbagai ilmu termasuk teknologi untuk meningkatkan pengetahuan dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan cerdas, sehingga terwujud peningkatan kualitas hidup, dengan tata kota yang indah, nyaman, aman, dan bebas polusi secara berkelanjutan. Dengan demikian pada akhirnya kota Banda Aceh menjadi kota yang pintar, hijau tangguh dan layak huni yang berkelanjutan.

Dapat diwujudkan dengan cara membentuk masyarakat Kota Banda Aceh menjadi Masyarakat yang cerdas yang berdaya saing tinggi dan memiliki ekosistem perkotaan yang maju dengan memiliki ciri khas masyarakat yang menghargai nilai lokal, berpendidikan tinggi, masyarakat yang berpikiran terbuka, kreatif & fleksibel, dan juga, masyarakat yang berbasis teknologi informasi.

Misi Banda Aceh Smart City

Agar pencapaian visi Smart City Banda Aceh tersebut dapat diwujudkan, maka disusunlah 6 misi yang dapat mendukung pelaksanaannya yaitu :

Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efesien, transparan, partisipatif dan komunikatif

Smart Governance

Mewujudkan Kota Banda Aceh untuk berinovasi dengan menguatkan identitas Kota Banda Aceh menjadi pusat wisata islami dunia yang cerdas dan berbudaya

Smart Branding

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat dengan mewujudkan penataan di sektor industri dan ekonomi Syariah

Smart Economy

Mewujudkan ekosistem perkotaan yang maju dengan sarana dan prasarana publik yang berkualitas dan terintegrasi dengan masyarakat yang sehat, toleran serta memiliki rasa kebersamaan yang kuat

Smart Living

Mewujudkan mayarakat yang kreatif, berdaya saing dan mampu menjaga keamanan lingkungannya

Smart Society

Mewujudkan Kota Banda Aceh Menjadi Kota yang ramah lingkungan, hijau, bersih, tangguh, dan berkelanjutan

Smart Environment